Quantum Writing

Judul : Quantum Writing : Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis
Penulis : Hernowo (Ed.)
Cetakan : I, Agustus 2003
Jumlah Halaman : 244
Penerbit : MLC (Mizan Grup)
Harga : Rp 26.000

Pernahkan bloggers mendapatkan hambatan menulis? Baru beberapa kalimat atau paragraf sudah merasa mentok, padahal sebelumnya ide menulis sudah beredesakan ingin keluar. Hambatan yang muncul, mungkin karena sering kali merasa tidak pe-de, menilai tulisannya tidak bagus karena tata bahasa yang minim dan sebagainya. Dalam kondisi lain, pada saat menulis, inginnya langsung diedit, sehingga tulisan tidak pernah selesai. Salahkah cara ini?

Lewat sebuah bukunya yang berjudul Quantum Writing, Hernowo mencoba membantu kita untuk dapat mengembangkan potensi diri dalam hal tulis menulis dengan cara yang mudah, cepat dan menyenangkan. Atau dalam bahasa Hernowo di pengantar buku ini adalah "pembangkitan potensi menulis didekati lewat sisi yang tidak lazim".

"Pendekatan kebahasaan-ini bukan lantaran soal bahasa lalu tidak penting-dicoba "dipinggirkan" lebih dahulu. Menulis dapat dilakukan siapa saja tanpa kemudian harus terjebak lebih dahulu dengan persoalan, misalnya, penyusunan kata yang baik dan benar. Menulis dapat dilakukan dengan sangat bebas. Hal ini dimaksudkan agar ketika mengawali menuliskan sesuatu, si penulis dapat benar-benar mengeluarkan seluruh totalitas dirinya di atas kertas."

Buku ini dengan runut menguraikan langkah demi langkah agar seseorang bisa menulis. Pada Bab pertama, mengulas tentang manfaat menulis baik untuk diri sendiri juga orang lain, sehingga muncul motivasi yang positif dan kuat untuk menulis. Saran, motivasi, pengalaman juga manfaat menulis didapat dari beberapa penulis terkenal dan para psikolog yang telah melakukan berbagai riset tentang manfaat menulis. Salah satu manfaat menulis dari Fatima Mernissi (Aktivis Feminis dan Penulis Buku) adalah, "Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit Anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaatnya yang luar biasa!"

Bab dua dalam buku ini memberikan kita berbagai pilihan mengenai teknik dan konsep menulis. Mulai Teknik Menulis-Mengalir dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran, Teknik Menulis Dinamis dengan Menggunakan Iringan Musik, Teknik Menulis Sinergis Gaya Quantum Leraning, sampai Teknik Menulis Super Gaya Accelerated Learning.

Di luar dua bab utama tadi ada Apendiks yg didalamnya menjelaskan mengenai jenis-jenis tulisan seperti Menulis tentang Diri Sendiri semacam Auobiografi, biografi dan memoar. Kemudian step by step cara Menulis Resensi, dan terakhir Menulis Fiksi dan Nonfiksi yang di dalamnya dijelaskan cara mendapatkan bahan cerita.

Secara keselurahan, buku yang bertema 'Cara cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis" ini sangat bagus dan bermanfaat, baik untuk seseorang yang baru ingin memulai kegiatan tulis menulis maupun yang sudah banyak menghasilkan karya tulisannya. Karena hasil tulisan yang baik harus dicapai dengan banyak belajar dan berlatih. Dan buku yang sudah masuk cetakan kedua ini adalah salah satu sarananya.

2 komentar :

Unknown said...

seandainya saya mau beli buku nya quantum writing bagaimana ???

atau ada yang versi softcopynya ....karena sangat buku buku ini ...semua toko buku sudah tidak ada stoknya lagi ....

trimakasih ... mohon balasannya
inoedevian@gmail.com

novi
trimakasih

yeni said...

saya ingin membeli buku quantum writing ini bagaimana caranya? karena saya ingin membelinya. stok masih ada atau tidak?
terima kasih... mohon balasannya dikirim ke alamat yenirahma5@gmail.com

yeni
terima kasih.